Berita  

Bawaslu Lampung Deklarasikan Kampanye dan Pilkada Damai 2024

MonevOnline,Bandar Lampung – Bawaslu Lampung menggelar deklarasi Kampanye Damai dan Pilkada Damai sebagai bagian dari persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung 2024. Acara ini berlangsung di Gedung Bagas Raya, Bypass Bandar Lampung, pada Senin (23/9/2024).

Ketua Bawaslu Lampung, Iskardo P. Panggar, menekankan pentingnya menjaga kedamaian selama proses Pilkada. Ia menyoroti modal sosial yang kuat dari budaya leluhur Lampung, seperti semboyan “Sang Bumi Ruwa Jurai,” yang diharapkan bisa menjadi landasan untuk Pilkada yang damai meskipun suasana politik memanas.

Iskardo juga mengingatkan, tanggung jawab menjaga kedamaian harus terus berlangsung hingga pasca-pemungutan suara, serta menyerukan untuk menghindari penyebaran hoaks, isu SARA, dan ujaran kebencian.

Dalam acara tersebut, Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika, turut mengimbau masyarakat untuk menjaga persatuan dan tidak terpecah belah selama Pilkada.

Helmy menegaskan komitmennya untuk memberantas politik identitas dan politik SARA guna memastikan terciptanya suasana aman dan demokrasi yang berintegritas.

Turut hadir dalam deklarasi ini pasangan calon, partai politik pengusung, serta Bawaslu Kabupaten/Kota. Bawaslu Bawaslu Lampung Deklarasikan Kampanye dan Pilkada Damai 2024 deklarasi ini menjadi awal dari Pilkada yang damai, aman, dan bermartabat di Provinsi Lampung. (*)