Komisi IV DPR RI Sudin Dorong Masyarakat Konsumsi Ikan Segar untuk Tekan Angka Stunting

Monevonline.com, Bandar Lampung – Anggota Komisi IV DPR RI, Sudin meminta masyarakat mengkonsumsi ikan segar untuk mencegah dan menekan angka stunting.

 

Hal itu disampaikan Sudin pada kegiatan Bulan Mutu Badan Pengendalian dan pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan KKP dengan tema penyediaan ikan sehat dan bermutu, di dua lokasi yaitu di Kelurahan Panjang Selatan dan Kelurahan Pidada Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung, Sabtu (12/10/2024).

 

Sudin mengatakan, melihat perkembangan perekonomian nasional global saat ini, peluang pemulihan ekonomi ini harus disikapi dengan antusias dengan berbagai persiapan-persiapan akselerasi pencapaian target pematangan berbagai kebijakan dan penguatan regulasi serta penyediaan produksi komoditas unggulan di sektor kelautan perikanan.

 

“Jadi dalam memenuhi kebutuhan pangan domestik dan internasional, alternatif budidaya ikan yang sehat dan bermutu merupakan solusi krisis pangan kedepan, mengingat tahun 2035 diprediksi terjadi peningkatan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 305 juta jiwa sehingga kompetisi untuk mendapatkan pangan terbaik sangat tinggi,” ujarnya.

 

Sudin juga mengatakan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama karena menjadi salah satu pilar ketahanan nasional dan hal itu jelas sudah tertuang di UUD 1945.

 

Menurut Sudin, generasi milenial saat ini lebih senang mengkonsumsi makanan cepat saji atau junkfood dibandingkan mengkonsumsi ikan hasil tangkapan nelayan.

 

“Kita semua tahu kalau anak-anak itu susah untuk makan buah, sayur dan ikan, tetapi makanan yang tidak baik untuk kesehatan dan kecerdasan seperti makanan cepat saji atau junkfood anak-anak paling suka. Maka itu saya minta sama ibu-ibu anaknya kalau mau makan junkfood jangan dikasih, karena lebih baik makan ikan,” kata Sudin.

 

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa penurunan angka stunting juga atas dukungan, kerjasama dan kesadaran para keluarga dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

 

“Kalau tidak ada dukungan dan kerjasama serta kesadaran dari ibu-ibu semua ya tidak akan berhasil penurunan angka stuntingnya, ini penting loh karena kalau makanan yang dikonsumsi sehat ya tentu sumber daya manusia atau generasi yang akan datang juga lebih baik ” ungkapnya.

 

Maka dari itu, Sudin berpesan dan berharap kepada masyarakat untuk selalu memberikan olahan ikan segar kepada keluarga sehingga angka stunting tidak meningkat.

 

“Bukan hanya menekan angka stunting saja, jadi dengan mengonsumsi makanan yang sehat khususnya ikan segar diharapkan juga mampu meningkatkan gizi masyarakat,” tandasnya.

 

Diketahui kegiatan Bulan Mutu tersebut dihadiri oleb Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan, Agus Suherman, Sekretaris BPPMHKP, Hari Maryadi, Plt Kepala Pusat Pengendalian dan Pengawasan Mutu Produksi Primer, Siti Nurul Fahmi, Anggota DPRD Provinsi Lampung, Kostiana, Kepala Dinas Kelautam dan Perikanan serta masyarakat setempat. (*)