Kota  

Antisipasi Banjir, Pemkot Bandar Lampung Terus Perbaiki Tanggul dan Tinjau Sungai

Monevonline.com, Bandar Lampung — Pemkot Bandar Lampung terus gencarkan upaya antisipasi banjir di Kota Tapis Berseri.

Tak hanya DLH hingga Dinas PUPR yang konsen dalam menangani banjir di Bandar Lampung, BPBD Bandar Lampung pun mengaku gencar lakukan upaya antisipasi banjir saat musim hujan seperti saat ini.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pemkot Bandar Lampung, Sakroni mengatakan, pihaknya kerap melakukan langkah antisipasi banjir dengan melakukan pemantauan sungai hingga mengerahkan puluhan personel.

Selain itu, Sakroni juga menyebut pihaknya tengah melakukan perbaikan tanggul jebol di Bandar Lampung.

“Kalau detail perbaikan saya belum tahu, tetapi Kalak BPBD sudah berkoordinasi dengan Dinas PU terkait perbaikan tanggul itu, Kemudian BPBD Bandar Lampung menyiagakan 3 pleton dalam upaya penanganan banjir, masing-masing pleton terdiri dari 26 personel. Dan kami siaga 24 jam, Dalam upaya penanganan banjir di Bandar Lampung, BPBD juga memantau dan mengevaluasi sungai serta drainase,” kata Sakroni, Minggu (11/2/2024).

Selain itu, ia juga menyebut, BPBD Bandar Lampung memiliki 4 perahu karet, 10 alkon, mobil rotary, tangki dan alat-alat lainnya seperti cangkul dan sejenisnya untuk menghadapi banjir di Bandar Lampung.

Kemudian, Sakroni juga mengatakan, BPBD Bandar Lampung terus berkoordinasi dengan DLH dan Dinas PUPR dalam upaya penangan banjir di Bandar Lampung, seperti grebek sungai.

Di tengah musim hujan saat ini, Sakroni mengimbau warga Bandar Lampung untuk selalu waspada dan hati-hati.

“Selalu waspada, kemudian jangan buang sampah sembarangan, kalau melakukan pembangunan juga perhatikan drainase dan siring. Jangan sampai air tidak bisa mengalir, Waspada juga pohon tumbang, jika ada kejadian bencana, segera hubungi BPBD. Kami siaga 24 jam,” jelasnya. (rls)